Tipikal Pilm2 Indonesia

Gue bener-bener nggak ngerti sinetron2 Indonesia sekarang. Bener-bener ngga masuk di akal, bikin gue jadi tambah males nonton aja.

Tipikal sinetron2 Indonesia:

–          Ceritanya tentang seorang cewek dari keluarga nggak mampu yang lantas ketemu cowok dari keluarga super tuajir ato guanteng setengah mati, terus mereka saling suka dan jadian

–          Super lebay, kalo marah2 matanya sampe melotot2 gitu, kayak mau keluar dari tengkoraknya, ato kalo ada suatu insiden, background musicnya digede-gede-in, en momen-nya dilama-lamain dengan kamera bolak-balik nyorot antar karakter2 yang berhubungan dengan insiden itu, terus dibikin slow motion (Plis deh, penting nggak sih?)

–          Nggak masuk akal, mostly sih ceritanya. Terutama kalo udah scene-nya ditambah-tambahin. Sekarang sih udah lebih modern istilahnya, kayak Cinta Fitri, pake Season 1, Season 2, Season 3, dst, gitu. Tapi intinya sih sama aja kayak sinetron jaman dulu macam Tersanjung, sampe Episode seratus berapa gitu. Gimana gak males ya nontonnya? Film Korea yang sampe berapa episode aja gue suka males. Tapi mungkin emang konsumsinya orang-orang sekarang semacam itu?

–          Nggak masuk akal yang kedua, (menurut gue sih) itu pemilihan aktrisnya (well, lebih refer ke penampilan sih sebenernya). Oke deh, kalo emang ceritanya tentang si gadis miskin, tapi (bukannya ngece sih) ya masa sih gadis miskinnya keliatan lebih elite daripada yang tajir? Mukanya putih, kayak bule gitu, padahal bonyoknya aja asli orang desa, dari pedalaman (dan nggak ada sentuhan2 bule sama sekali), bibirnya merah merona, keliatan banget pake lip-gloss, padahal boro-boro beli lipstick, cicilan rumah aja ngga sanggup bayar—sedangkan karakternya bukan tipe2 cewek yang mementingkan penampilan gitu (alias disuruh milih beli lip-gloss buat ngebagusin penampilan ato ngumpulin duit buat bayar cicilan rumah ya mending ngumpulin duit buat menyambung hidup tho ya??); yang paling aneh, waktu gue nonton sekilas sinetron—aargggh, gue lupa judulnya, pokoknya yang maen Cinta Laura sama si Glenn Alinskie itu (errrrrrrrrr, Airmata Cinta pa ya?)—si Cinta ceritanya cewek miskin banget, kerjaannya aja cuman jadi office girl, dia dibesarin sama nyokap dari keluarga gak mampu, masa sih ngomongnya kebule-bule-an gitu? Kalo soal Cinta Laura-nya sendiri sih emang habitnya dia ngomong kayak gitu, tapi kalo dinalar, bisa nggak sih, dibayangin kalo lo pergi ke desa, ato anak babu lo ngomongnya kebule-bule-an gitu? Bukannya ngece, tapi orang tajir aja malah ngomongnya medok (Jawa, maksudnya, secara gue tinggal di pulau kecil nan padat Jawa ini). Gubrak. Gubrak 2x. Gue maen drama aja sampe semir rambut warna item gara-gara rambut gue pirang sendiri. Sinetron? Lhailalah…

Kalo soal akting, nggak pada tempatnya sih gue rasa kalo gue kritik. So far, menurut gue, aktris en actor Indonesia udah bagus, secara mereka bisa nurutin maunya sutradara en permintaan penonton yang lebay (dengan gaya bicara, pelototan mata yang hyper itu, hehehe).

Soal plot, sigh… Sepertinya emang tipikal film konsumsi Indonesia yang seperti itu. Cewek miskin, terus diboyong ke tempat cowok super tuajir. Ck ck ck… Gak heran orang-orang terbuai dengan mimpi2 sejenis…

Published by

Laksmi

An MA student at Waseda University, Shinjuku-ku, Tōkyo, Japan. An avid reader. A language geek as well. And a book hoarder.

Leave a Reply

